Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Satuan Pendidikan : MA AL-HAUDL KETAPANG
Mata Pelajaran : Sejarah
Kebudayaan Islam
Kelas / Semester : X (Sepuluh) / Ganjil
Materi Pokok :
Perkembangan Dakwah Nabi Muhammad Saw. Periode Mekkah
Alokasi Waktu : 3
pertemuan (9 x 40 menit)
A. KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR:
|
NO. |
KOMPETENSI
DASAR |
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI |
|
|
1 |
1.1 |
Meyakini bahwa berdakwah
adalah kewajiban setiap muslim |
1. Meyakinkan bahwa berdakwah
adalah kewajiban setiap muslim |
|
|
1.2 |
Menganalisis sejarah dakwah Rasulullah saw. pada
periode Islam di Makkah |
1.
Menelaah sejarah dakwah Rasulullah saw
pada periode Islam di Makkah |
|
2 |
2.1 |
Memahami strategi dakwah Rasulullah saw. Pada periode Islam di Makkah |
1.
Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah
saw. pada periode Islam di Makkah |
|
3 |
2.2 |
Mendeskripsikan kesulitan-kesulitan yang dihadapi Rasulullah saw.
ketika berdakwah di Makkah |
1.
Memaparkan kesulitan-kesulitan yang
dihadapi Rasulullah saw. ketika berdakwah di Makkah |
|
|
2.3 |
Memahami sifat atau kepribadian dan peran para sahabat assabiqunal
awwalun |
1. menjelaskan sifat atau kepribadian
dan peran para sahabat assabiqunal awwalun |
B. TUJUAN PEMBELAJARAN TUJUAN PEMBELAJARA
Pertemuan Pertama:
1.
Diberikan kesempatan untuk memahami
Pertemuan Kedua:
1.
Diberikan kesempatan untuk mengetahui Strategi
dakwah Rasulullah saw. pada periode Islam di Makkah
Pertemuan Ketiga:
1.
Diberikan kesempatan untuk memaparkan
kesulitan yang dialami Rasulullah saw. ketika berdakwah di Makkah
2.
Diberikan kesempatan untuk sifat atau
kepribadian dan peran para sahabat assabiqunal
awwalun
C. MATERI PEMBELAJARAN:
Pertemuan
Pertama:
1. Sejarah Dakwah Rasulullah Saw.
pada Periode Islam di Mekkah.
Pertemuan
Kedua:
1. Strategi dakwah Rasulullah saw. pada periode Islam di
Makkah
Pertemuan
Ketiga:
1. Kesullitan yang dialami Rasulullah saw
ketika berdakwah di Makkah
2. Sifat dan peran para Sahabat assabiqunal
awwalun
D. METODE PEMBELAJARAN:
1.
Pendekatan Scientific
2.
Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning
3.
Metode diskusi,
drill, dan demontrasi
E. SUMBER BELAJAR
1.
Buku
teks siswa SKI kelas 10
2.
Buku
lain yang memadai.
F.
MEDIA
PEMBELAJARAN
1.
Media
a.
Video Pembelajaran
b. CD Pembelajaran Tajwid Interaktif
2.
Alat
a. Komputer
b. LCD
Projector
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PERTAMA
1.
Pendahuluan ( 10 menit
)
a.
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan
berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
c.
Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif
yang berkaitan dengan materi pelajaran.
d. Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
2. Kegiatan
inti ( 100 menit)
a.
Mengamati
·
mengamati LCD Tentang Sejarah
dakwah Rasulullah saw pada periode Islam di Makkah
· Mencatat hasil pengamatan terhadap hal- hal penting dari materi yg sudah di sampaikan
b.
Menanya
· Melalui motivasi dari guru memberikan kesempatan pertanyaan tentang hal- hal yang belum jelas dari pengamatan terhadap tayangan LCD
c.
Explore
· Guru memberikan kesempatan untuk mencari informasi lebih lanjut tentang materi yang sudah didapat
d.
Asosiasi
· Guru meminta dari informasi yang didapat untuk dijadikan sebuah narasi agar mudah dipahami
e.
Komunikasi
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan informasi yang didapat melalui lisan.
3. Penutup
a.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
b.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
c.
Guru memberikan reward kepada yang siswa “terbaik”, yakni:
-
Siswa yang berani mengutarakan hasil dari narasinya
d.
Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
e.
Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa.
PERTEMUAN KEDUA:
1.
Pendahuluan ( 10 menit )
a.
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan
berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru memulai pembelajaran dengan membaca
al-Qur’an surah/ayat pilihan (nama surat sesuai
dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
kehadiran, kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk pesrta didik.
d.
Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif
yang berkaitan dengan materi pelajaran.
e. Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
2.
Kegiatan inti ( 100 menit)
a.
Mengamati
·
Mengamati
LCD tentang Strategi dakwah Rasulullah saw. pada periode Makkah
b.
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru memberikan kesempatan pertanyaan tentang hal- hal yang belum jelas dari
pengamatan terhadap tayangan LCD
c.
Eksplore dan asosiasi
·
Guru memberikan kesempatan
untuk mencari informasi lebih lanjut tentang materi yang sudah didapat
d.
komunikasi
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan informasi yang didapat melalui lisan.
3.
Penutup
1.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran.
2.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
3.
Guru
menjelaskan materi yang
akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
4.
Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa.
PERTEMUAN KETIGA:
1.
Pendahuluan ( 10 menit
)
a.
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan
berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru memulai pembelajaran dengan membaca
al-Qur’an surah/ayat pilihan (nama surat sesuai
dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
kehadiran, kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk peserta didik.
d.
Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif
yang berkaitan dengan materi pelajaran.
e.
Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan
yang akan dicapai.
f.
Guru mengkondisikan peserta didik untuk membentuk
kelompok-kelompok kecil (terdiri 4 – 6 siswa)
2.
Kegiatan inti ( 100
menit)
a.
Mengamati
·
Mengamati LCD Tentang Sejarah dakwah Rasulullah saw
pada periode Islam di Makkah
·
Mencatat hasil pengamatan terhadap hal-
hal penting dari materi yg sudah di sampaikan
b.
Menanya
·
Peserta didik
dengan dibantu motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang tidak dipahami
c.
eksplore
·
Guru memberikan kesempatan
untuk mencari informasi lebih lanjut tentang materi yang sudah didapat
d.
Asosiasi
· Guru meminta dari informasi yang didapat untuk dijadikan sebuah narasi agar mudah dipahami
e.
Mengkomunikasikan
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan informasi yang didapat melalui lisan.
3.
Penutup
1.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaran.
2.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
3.
Guru memberikan reward kepada “kelompok terbaik” hasil diskusi dan presentasinya.
4.
Guru
menjelaskanmateri yang akandipelajaripada pertemuan berikutnya.
5.
Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa.
H. PENILAIAN
1. Sikap
spiritual
a. Teknik Penilaian : Penilaian diri
b. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian diri
c. Kisi-kisi :
|
No. |
Sikap/nilai |
Butir
Instrumen |
|
|
Meyakini bahwa semua ilmu bersumber dari Allah swt. |
Terlampir |
|
|
Meyakini bahwa
menuntut ilmu adalah perintah Allah swt. |
Terlampir |
|
|
Meyakini bahwa umat
Islam wajib mempunyai ilmu
pengetahuan. |
Terlampir |
|
|
Meyakini bahwa
setiap ilmu harus diamalkan |
Terlampir |
|
|
Meyakini bahwa
Allah swt memuliakan terhadap orang yang berilmu |
Terlampir |
Instrumen: Terlampir
2. Sikap
sosial
a. Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
b. Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian
c. Kisi-kisi:
|
No. |
Sikap/nilai |
Butir
Instrumen |
|
|
Suka mengajarkan ilmu pengetahuan kepada temannya. |
Terlampir |
|
|
Segera memberikan bantuan pemahaman ketika dimintai
tolong temannya tentang pelajaran. |
Terlampir |
|
|
Tidak pelit ketika temannya meminjam buku pelajaran. |
Terlampir |
|
|
Tidak menyombongkan diri karena ilmu yang ia miliki. |
Terlampir |
|
|
Tidak membeda-bedakan pergaulan dengan dasar kepandaian. |
Terlampir |
Instrumen: Terlampir
3. Pengetahuan
a. Teknik Penilaian :Tes Lisan
b. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian tes lisan
c. Kisi-kisi :
|
No. |
Indikator |
Butir
Instrumen |
|
|
Dapat memaparkan
sejarah dakwah Rasulullah saw. Pada periode Islam di Makkah |
Berawal dari beliau yang mendapatkan wahyu pertamanya di Gua Hiro |
|
|
Dapat
menjelaskan Strategi dakwah Rasulullah saw. pada periode Makkah |
Dakwah berawal dari keluarga, sahabat |
|
|
Dapat menjelaskan
kesulitan yang di alami Rasulullah ketika berdakwah |
Penghinaan terhadap Rasulullah, Ancaman kepada pengikut Rasulullah |
Instrumen: Terlampir
Ketapang, 23 November 2023
Mengetahui Guru Mata
Pelajaran
Kepala Sekolah Sejarah
Kebudayaan Islam
______________________ ______________________
NIP. ... NIP.
...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar