Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Satuan Pendidikan : MA AL-HAUDL KETAPANG
Mata Pelajaran : Sejarah
Kebudayaan Islam
Kelas / Semester : X (Sepuluh) / Genap
Materi Pokok :
Sejarah Perkembangan Islam Masa Khulafaur Rasyidin
Alokasi Waktu : 3
pertemuan (9 x 40 menit)
A. KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR:
|
NO. |
KOMPETENSI
DASAR |
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI |
|
|
1 |
1.1 |
Menghayati
pola kepemimpinan Khulafaur Rasyidin sebagai implementasi dari kewajiban
berdakwah |
1. Menjelaskan pola
kepemimpinan Khulafaur Rasyidin sebagai implementasi dari kewajiban berdakwah |
|
2 |
2.1 |
Memiliki
sikap semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah
untuk masa sekarang dan akan datang |
1.
Meminati sikap semangat ukhuwah
sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah untuk masa sekarang dan
akan datang |
|
3 |
3.1 |
Mendeskripsikan proses
pemilihan Khulafaur Rasyidin |
1.
Menguraikan proses pemilihan
Khulafaur Rasyidin |
B. TUJUAN PEMBELAJARAN:
Pertemuan Pertama:
1.
Diberikan kesempatan untuk
Pertemuan Kedua:
1.
Diberikan kesempatan untuk meminati
sikap ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah
Pertemuan Ketiga:
1.
Diberikan kesempatan untuk mengetahui proses
pemilihan Khulafaur Rasyidin
C. MATERI PEMBELAJARAN:
Pertemuan
Pertama:
1. Pola kepemimpinan Khulafaur Rasyidin
dari pemahaman strategi dakwah
Pertemuan
Kedua:
1. Sikap
Ukhuwah sebagai implementasi
Pertemuan
Ketiga:
1. Proses
pemilihan Khulafaur Rasyidin
D. METODE PEMBELAJARAN:
1.
Pendekatan Scientific
2.
Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning
3.
Metode diskusi,
drill, dan demontrasi
E. SUMBER BELAJAR
1.
Buku
teks siswa SKI kelas 10
2.
Buku
lain yang memadai.
F.
MEDIA
PEMBELAJARAN
1.
Media
a.
Video Pembelajaran
b.
CD Pembelajaran Tajwid
Interaktif
2.
Alat
a. Komputer
b. LCD
Projector
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PERTAMA
1.
Pendahuluan ( 10 menit
)
a.
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan
berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
c.
Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif
yang berkaitan dengan materi pelajaran.
d.
Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan
yang akan dicapai.
2. Kegiatan
inti ( 100 menit)
a.
Mengamati
·
mengamati LCD Tentang pola
kepemimpinan Khulafaur Rasyidin
·
Mencatat hasil pengamatan terhadap hal- hal penting
dari materi yg sudah di sampaikan
b.
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru memberikan kesempatan pertanyaan tentang hal- hal yang belum jelas dari
pengamatan terhadap tayangan LCD
c.
Explore
·
Guru memberikan kesempatan
untuk mencari informasi lebih lanjut tentang materi yang sudah didapat
d.
Asosiasi
·
Guru meminta dari informasi
yang didapat untuk dijadikan sebuah narasi agar mudah dipahami
e.
Komunikasi
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan informasi yang didapat melalui lisan.
3. Penutup
a.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
b.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
c.
Guru memberikan reward kepada yang siswa “terbaik”, yakni:
-
Siswa yang berani mengutarakan hasil dari narasinya
d.
Guru
menjelaskan materi yang
akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
e.
Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa.
PERTEMUAN KEDUA:
1.
Pendahuluan ( 10 menit )
a.
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan
berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru memulai pembelajaran dengan membaca
al-Qur’an surah/ayat pilihan (nama surat sesuai
dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
kehadiran, kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk pesrta didik.
d.
Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif
yang berkaitan dengan materi pelajaran.
e.
Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan
yang akan dicapai.
2.
Kegiatan inti ( 100 menit)
a.
Mengamati
·
Mengamati
LCD tentang sikap semangat Ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi
dakwah
b.
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru memberikan kesempatan pertanyaan tentang hal- hal yang belum jelas dari
pengamatan terhadap tayangan LCD
c.
Eksplore dan asosiasi
·
Guru memberikan kesempatan
untuk mencari informasi lebih lanjut tentang materi yang sudah didapat
d.
komunikasi
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan informasi yang didapat melalui lisan.
3.
Penutup
1.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran.
2.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
3.
Guru
menjelaskan materi yang
akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
4.
Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa.
PERTEMUAN KETIGA:
1.
Pendahuluan ( 10 menit
)
a.
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan
berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru memulai pembelajaran dengan membaca
al-Qur’an surah/ayat pilihan (nama surat sesuai
dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
kehadiran, kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk peserta didik.
d.
Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif
yang berkaitan dengan materi pelajaran.
e.
Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan
yang akan dicapai.
f.
Guru mengkondisikan peserta didik untuk membentuk
kelompok-kelompok kecil (terdiri 4 – 6 siswa)
2.
Kegiatan inti ( 100
menit)
a.
Mengamati
·
Mengamati LCD tentang
proses pemilihan Khulafaur Rasyidin
·
Mencatat hasil pengamatan terhadap hal-
hal penting dari materi yg sudah di sampaikan
b.
Menanya
·
Peserta didik
dengan dibantu motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang tidak dipahami
c.
eksplore
·
Guru memberikan kesempatan
untuk mencari informasi lebih lanjut tentang materi yang sudah didapat
d.
Asosiasi
·
Guru meminta dari informasi
yang didapat untuk dijadikan sebuah narasi agar mudah dipahami
e.
Mengkomunikasikan
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan informasi yang didapat melalui lisan.
3.
Penutup
1.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaran.
2.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
3.
Guru memberikan reward kepada “kelompok terbaik” hasil diskusi dan presentasinya.
4.
Guru
menjelaskanmateri yang akandipelajaripada pertemuan berikutnya.
5.
Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa.
H. PENILAIAN
1. Sikap
spiritual
a. Teknik Penilaian : Penilaian diri
b. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian diri
c. Kisi-kisi :
|
No. |
Sikap/nilai |
Butir
Instrumen |
|
|
Meyakini bahwa semua ilmu bersumber dari Allah swt. |
Terlampir |
|
|
Meyakini bahwa
menuntut ilmu adalah perintah Allah swt. |
Terlampir |
|
|
Meyakini bahwa
umat Islam wajib mempunyai ilmu
pengetahuan. |
Terlampir |
|
|
Meyakini bahwa
setiap ilmu harus diamalkan |
Terlampir |
|
|
Meyakini bahwa
Allah swt memuliakan terhadap orang yang berilmu |
Terlampir |
Instrumen: Terlampir
2. Sikap
sosial
a. Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
b. Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian
c. Kisi-kisi:
|
No. |
Sikap/nilai |
Butir
Instrumen |
|
|
Suka mengajarkan ilmu pengetahuan kepada temannya. |
Terlampir |
|
|
Segera memberikan bantuan pemahaman ketika dimintai
tolong temannya tentang pelajaran. |
Terlampir |
|
|
Tidak pelit ketika temannya meminjam buku pelajaran. |
Terlampir |
|
|
Tidak menyombongkan diri karena ilmu yang ia miliki. |
Terlampir |
|
|
Tidak membeda-bedakan pergaulan dengan dasar kepandaian. |
Terlampir |
Instrumen: Terlampir
3. Pengetahuan
a. Teknik Penilaian :Tes Lisan
b. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian tes lisan
c. Kisi-kisi :
|
No. |
Indikator |
Butir
Instrumen |
|
|
Dapat menjelaskan
proses terpilihnya Khalifah Abu Bakar As-Siddiq |
Setelah Rasulullah Saw. Wafat , ada golongan sahabat
dari Anshar yang biasa digunakan sebagai pertemuan dan musyawarah penduduk kota
Madinah dan
terpilihlah Abu Bakar |
|
|
Dapat
menjelaskan proses terpilihnya Khalifah Umar bin Khattab |
ketika pasukan muslim sedang bergerak menaklukan Syam,
Abu Bakar jatuh sakit. Ketika itulah . Pilihannya jatuh kepada Umar bin Khatab |
|
|
Dapat menjelaskan
proses terpilihnya Khalifah Usman bin Affan |
Ia terpilih mengalahkan Ali bin Abu Thalib sebagian
karena pertimbangan usia |
Instrumen: Terlampir
Ketapang, 23 November 2023
Mengetahui Guru Mata
Pelajaran
Kepala Sekolah Sejarah
Kebudayaan Islam
______________________ ______________________
NIP. ... NIP.
...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar