SILABUS MATA
PELAJARAN
Satuan Pendidikan :
MA AL-HAUDL
Kelas : X (Sepuluh)
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Bab : 4
Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
|
1.1 Menghayati pola kepemimpinan khulafaur rasyidin sebagai
implementasi dari kewajiban berdakwah |
Sejarah
perkembangan islam masa khulafaur Rasyidin |
Pembelajaran KI 1 dan KI 2 dilakukan
secara tidak langsung (terintegrasi) dalam pembelajaran KI 3 dan KI 4 |
Penilaian KI 1 dan KI 2
dilakukan melalui pengamatan, penilaian diri, penilaian teman sejawat oleh peserta didik, dan jurnal |
|
|
|
1.2 memiliki sikap semangat ukhuwah semangat sebagai implementasi
dari pemahaman strategi dakwah untuk masa sekarang dan akan datang |
|
|
|
|
|
|
1.3 mendeskripsikan proses pemilihan khulafaur rasyidin |
|
Mengamati ·
Menyimak materi yang ditampilkan/disampaikan oleh guru tentang
perkembangan dan peradaban ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah Menanya ·
Melalui motivasi guru memberikan
pertanyaan terkait dengan materi yang sudah disampaikan. Mengumpulkan Informasi ·
Secara berkelompok mendiskusikan untuk membaca
materi atau mengamati objek lainnya yang berhubungan dengan perkembangan
peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah Menalar/Mengasosiasi · Membuat rumusan
hasil diskusi kelompok yang mudah untuk dijelaskan dan dipahami
mengenai perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah Mengomunikasikan Menyampaikan
hasil diskusi dalam bentuk kesimpulan secara lisan |
Sikap ·
Mengamati tentang pelaksanaan diskusi terkait dengan
materi yang
dipelajari ·
Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan
tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok Pengetahuan ·
Tes lisan dengan menyimpulkan
perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah Keterampilan · Membuat
project sesuai dengan isi materi dengan se-kreatif mungkin. |
6 jp |
·
Buku Ayo Mengkaji Sejarah Kebudayaan Islam ·
Gambar/ Poster Multimedia
Interaktif/CD Interaktif /Video |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar