Sabtu, 28 Oktober 2023

SILABUS BAB 4

 

SILABUS MATA PELAJARAN

 

 

Satuan Pendidikan            : MA AL-HAUDL

Kelas                                  : X (Sepuluh)

Mata Pelajaran                  : Sejarah Kebudayaan Islam

Bab                                    : 4

Kompetensi Inti

KI 1     :    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

KI 2     :    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3     :    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4     :    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1.1 Menghayati pola kepemimpinan khulafaur rasyidin sebagai implementasi dari kewajiban berdakwah

Sejarah perkembangan islam masa khulafaur Rasyidin

Pembelajaran  KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak langsung (terintegrasi) dalam pembelajaran KI 3 dan KI 4

Penilaian KI 1 dan KI 2 dilakukan melalui pengamatan, penilaian diri, penilaian teman sejawat oleh peserta didik, dan jurnal

 

 

1.2 memiliki sikap semangat ukhuwah semangat sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah untuk masa sekarang dan akan datang

 

 

 

 

 

1.3 mendeskripsikan proses pemilihan khulafaur rasyidin

 

Mengamati

·      Menyimak materi yang ditampilkan/disampaikan oleh guru tentang perkembangan dan peradaban ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah

 

Menanya

·      Melalui motivasi guru memberikan pertanyaan terkait dengan materi yang sudah disampaikan.

 

Mengumpulkan Informasi

·      Secara berkelompok mendiskusikan untuk membaca materi atau mengamati objek lainnya yang berhubungan dengan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah

 

Menalar/Mengasosiasi

·      Membuat rumusan hasil diskusi kelompok yang mudah untuk dijelaskan dan dipahami mengenai perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah

 

Mengomunikasikan

Menyampaikan hasil diskusi dalam bentuk kesimpulan secara lisan

Sikap

·      Mengamati tentang pelaksanaan diskusi terkait dengan materi yang dipelajari

·      Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

 

Pengetahuan

·    Tes lisan dengan menyimpulkan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah

 

Keterampilan

·      Membuat project sesuai dengan isi materi dengan se-kreatif mungkin.

 

6 jp

·      Buku Ayo Mengkaji Sejarah Kebudayaan Islam

·      Gambar/ Poster

Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar