PROGRAM
SEMESTER
SATUAN
PENDIDIKAN : MA AL-HAUDL
MATA
PELAJARAN : SEJARAH KEBUDAYAAN
ISLAM
KELAS
: X/SEPULUH
WAKTU
TATAP MUKA : HARI SENIN DAN RABU
|
SMTR |
KOMPETENSI DASAR |
ALOKASI WAKTU |
KETERANGAN |
|
|
3.1 Meyakini bahwa berdakwah adalah
kewajiban setiap muslim |
|
|
|
|
4.1 Meneladani perilaku sabar Rasulullah
Saw. pada saat menghadapi berbagai intimidasi masyarakat Quraisy di Mekkah |
8 JP |
4 x Pertemuan |
|
GANJIL |
3.2 Meneladani sikap istiqamah Rasulllah
saw. dalam melaksanakan beribadah |
|
|
|
|
4.2 Memahami sistem peribadatan bangsa
Quraisy sebelum Islam. |
8 JP |
4 x Pertemuan |
|
|
3.3 Menghayati nilai-nilai perjuangan
dakwah Rasulullah saw. pada periode makkah |
|
|
|
|
4.3 Meneladani Perilaku sabar Rasulullah
saw. pada saat menghadapi berbagai intimidasi masyarakat quraisy di makkah |
4 JP |
2 x Pertemuan |
|
|
3.4 Menganalisis sejarah dakwah Rasulullah saw. Padad periode islam di makkah |
10 JP |
5 x Pertemuan |
|
|
4.4 Memahami substansi dan strategi dakwah Rasulullah saw. pada periode
makkah |
|
|
|
|
3.5 Mendeskripsikan kesulitan-kesulitan yang dialami Rasulullah saw.
ketika berdakwah di makkah |
|
|
|
|
4.5.1 memahami sifat/kepribadian dan peran para sahabat assabiqunal awwalun |
|
|
|
|
4.5.2 Memahami faktor-faktor penyebab hijrah
sahabat nabi ke abasiniyah |
10 JP |
5 x Pertemuan |
|
|
3.6 Memiliki sikap tangguh dan semangat menegakkan kebenaran sebagai
implementasi dari pemahaman strategi dakwah nabi di makkah |
|
|
|
|
4.6.1 menghayati perilaku istiqamah perjuangan Rasulullah saw. dalam
berdakwah |
|
|
|
|
4.6.2 meneladani sikap istiqamah Rasulullah saw. dalam melaksanakan
ibadah |
32 JP |
16 x Pertemuan |
|
|
4.6.3 meneladani perilaku berani Rasulullah saw. pada saat memimpin perang
badar |
|
|
|
|
3.7 memahami substansi dan strategi dakwah Rasulullah saw. pada periode
madinah |
|
|
|
|
4.7 mengidentifikasi faktor-faktor penyebab hijrah Rasulullah saw. ke
madinah |
6 JP |
3 x Pertemuan |
|
|
Jumah Jam Pelajaran Semester Ganjil |
78 |
39 x Pertemuan |
|
|
3.8 mendeskripsikan faktor-faktor kebijakan peemerintahan Rasulullah saw.
pada periode islam di madinah |
|
|
|
|
4.8 Mengidentifikasi faktor-faktor
keberhasilan fathul makkah tahun 9
hijriyah |
10 JP |
5 x Pertemuan |
|
|
3.9 memahami keberhasilan Rasulullah saw. dalam perang badar |
|
|
|
|
4.9 Menghayati pola kepemimpinan khulafaur
rasyidin sebagai implementasi dari kewajiban berdakwah |
10 JP |
5 x Pertemuan |
|
|
3.10 memiliki sikap semangat ukhuwah semangat
sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah untuk masa sekarang dan
akan datang |
|
|
|
GENAP |
4.10 mendeskripsikan proses pemilihan
khulafaur rasyidin |
10 JP |
5 x Pertemuan |
|
|
3.11 menyadari pentingnya perilaku istiqamah dari perjuangan khulafaur
rasyidin sebagai implementasi akhlaqul karimah |
|
|
|
|
4.11 menghayati sikap tegas khalifah umar bin khattab dalam pemerintahan
islam sebagai contoh pengambilan keputusan bagi kepemimpinan umat islam
sekarang |
10 JP |
5 x Pertemuan |
|
|
3.12 menambil ibarah dari kepemimpinan
khulafaur rasyidin ketika menjadi pemimpin negara |
|
|
|
|
4.12 menghayati sikap zuhud khalifah usman bin affan pada saat menjadi
khalifah masa khulafaur rasyidiin |
10 JP |
5 x Pertemuan |
|
|
3.13 meneladani sikap tegas sahabat umar bin khattab ketika membuat
kebijakan memecat khalid bin walid dari panglima perang sebagai teladan bagi
kepemimpinan sekarang |
|
|
|
|
4.13 meneladani sikap tekun sahabat usman bin affan dalam beribadah |
10 JP |
5 x Pertemuan |
|
|
3.14 membiasakan berperilaku sabar sebagaimana khalifah ali bin abi thalib
ketika menghadapi ancaman dari musuh |
10 JP |
|
|
|
4.14 Menceritakan kisah keteladanan wali
Songo |
|
|
|
|
3.15 Mengetahui sikap santun dan menghargai
sesama dari Nabi Muhammad SAW. |
6
JP |
5
x Pertemuan |
|
|
4.15
Mencontohkan sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad SAW |
|
|
|
|
Jumlah Jam Pelajaran Semester Genap |
76 |
38 Pertemuan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar