Rabu, 01 November 2023

PROGRAM TAHUNAN

 

PROGRAM SEMESTER

 

SATUAN PENDIDIKAN      : MA AL-HAUDL

MATA PELAJARAN            : SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

KELAS                                   : X/SEPULUH

WAKTU TATAP MUKA      : HARI SENIN DAN RABU

 

SMTR

KOMPETENSI DASAR

ALOKASI WAKTU

KETERANGAN

 

3.1 Meyakini bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim

 

 

 

4.1 Meneladani perilaku sabar Rasulullah Saw. pada saat menghadapi berbagai intimidasi masyarakat Quraisy di Mekkah

8 JP

4 x Pertemuan

GANJIL

3.2 Meneladani sikap istiqamah Rasulllah saw. dalam melaksanakan beribadah

 

 

 

 

 

4.2 Memahami sistem peribadatan bangsa Quraisy sebelum Islam.

8 JP

4 x Pertemuan

 

3.3 Menghayati nilai-nilai perjuangan dakwah Rasulullah saw. pada periode makkah

 

 

 

4.3 Meneladani Perilaku sabar Rasulullah saw. pada saat menghadapi berbagai intimidasi masyarakat quraisy di makkah

4 JP

2 x Pertemuan

 

3.4 Menganalisis sejarah dakwah Rasulullah saw. Padad periode islam di makkah

 

10 JP

 

5 x Pertemuan

 

4.4 Memahami substansi dan strategi dakwah Rasulullah saw. pada periode makkah

 

 

 

3.5 Mendeskripsikan kesulitan-kesulitan yang dialami Rasulullah saw. ketika berdakwah di makkah

 

 

 

4.5.1 memahami sifat/kepribadian dan peran para sahabat assabiqunal awwalun

 

 

 

4.5.2 Memahami faktor-faktor penyebab hijrah sahabat nabi ke abasiniyah

10 JP

5 x Pertemuan

 

3.6 Memiliki sikap tangguh dan semangat menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah nabi di makkah

 

 

 

4.6.1 menghayati perilaku istiqamah perjuangan Rasulullah saw. dalam berdakwah

 

 

 

4.6.2 meneladani sikap istiqamah Rasulullah saw. dalam melaksanakan ibadah

32 JP

16 x Pertemuan

 

4.6.3 meneladani perilaku berani Rasulullah saw. pada saat memimpin perang badar

 

 

 

3.7 memahami substansi dan strategi dakwah Rasulullah saw. pada periode madinah

 

 

 

4.7 mengidentifikasi faktor-faktor penyebab hijrah Rasulullah saw. ke madinah

6 JP

3 x Pertemuan

 

Jumah Jam Pelajaran Semester Ganjil

78

39 x Pertemuan

 

3.8 mendeskripsikan faktor-faktor kebijakan peemerintahan Rasulullah saw. pada periode islam di madinah

 

 

 

4.8 Mengidentifikasi faktor-faktor keberhasilan  fathul makkah tahun 9 hijriyah

10 JP

5 x Pertemuan

 

3.9 memahami keberhasilan Rasulullah saw. dalam perang badar

 

 

 

4.9 Menghayati pola kepemimpinan khulafaur rasyidin sebagai implementasi dari kewajiban berdakwah

10 JP

5 x Pertemuan

 

3.10 memiliki sikap semangat ukhuwah semangat sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah untuk masa sekarang dan akan datang

 

 

GENAP

4.10 mendeskripsikan proses pemilihan khulafaur rasyidin

 

10 JP

5 x Pertemuan

 

3.11 menyadari pentingnya perilaku istiqamah dari perjuangan khulafaur rasyidin sebagai implementasi akhlaqul karimah

 

 

 

4.11 menghayati sikap tegas khalifah umar bin khattab dalam pemerintahan islam sebagai contoh pengambilan keputusan bagi kepemimpinan umat islam sekarang

10 JP

5 x Pertemuan

 

3.12 menambil ibarah dari kepemimpinan khulafaur rasyidin ketika menjadi pemimpin negara

 

 

 

4.12 menghayati sikap zuhud khalifah usman bin affan pada saat menjadi khalifah masa khulafaur rasyidiin

10 JP

5 x Pertemuan

 

3.13 meneladani sikap tegas sahabat umar bin khattab ketika membuat kebijakan memecat khalid bin walid dari panglima perang sebagai teladan bagi kepemimpinan sekarang

 

 

 

4.13 meneladani sikap tekun sahabat usman bin affan dalam beribadah

10 JP

5 x Pertemuan

 

3.14 membiasakan berperilaku sabar sebagaimana khalifah ali bin abi thalib ketika menghadapi ancaman dari musuh

10 JP

 

 

4.14 Menceritakan kisah keteladanan wali Songo

 

 

 

3.15 Mengetahui sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad SAW.

 

 

6 JP

 

 

5 x Pertemuan

 

4.15 Mencontohkan sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad SAW

 

 

 

Jumlah Jam Pelajaran Semester Genap

76

38 Pertemuan

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar