SILABUS MATA
PELAJARAN
Satuan Pendidikan :
MA AL-HAUDL
Kelas : X (Sepuluh)
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Bab : 3
Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam dalam pergaulan
dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan, konseptual, prosedural dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan kebangsaan, kenegaraan dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
|
1.1 meyakini bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim |
Perkembangan dakwah nabi muhammad saw. periode madinah |
Pembelajaran KI 1 dan KI 2 dilakukan
secara tidak langsung (terintegrasi) dalam pembelajaran KI 3 dan KI 4 |
Penilaian KI 1 dan KI 2
dilakukan melalui pengamatan, penilaian diri, penilaian teman sejawat oleh peserta didik, dan jurnal |
|
|
|
1.2 menghayati perilaku istiqamah perjuangan
Rasulullah saw. dalam berdakwah |
|
|
|
|
|
|
1.3 meneladani
sikap istiqamah Rasulullah saw. dalam melaksanakan
ibadah |
|
|
|
|
|
|
1.4 meneladani perilaku berani Rasulullah
saw. pada saat memimpin perang badar |
|
|
|
|
|
|
1.5
memahami substansi dan strategi dakwah Rasulullah saw. pada periode
madinah |
|
|
|
|
|
|
1.6 mengidentifikasi faktor-faktor penyebab hijrah Rasulullah saw. ke
madinah |
|
Mengamati ·
Menyimak materi yang ditampilkan/disampaikan oleh guru tentang
perkembangan dan peradaban ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah Menanya ·
Melalui motivasi guru memberikan
pertanyaan terkait dengan materi yang sudah disampaikan. Mengumpulkan Informasi ·
Secara berkelompok mendiskusikan untuk membaca
materi atau mengamati objek lainnya yang berhubungan dengan perkembangan
peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah Menalar/Mengasosiasi · Membuat rumusan
hasil diskusi kelompok yang mudah untuk dijelaskan dan dipahami
mengenai perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah Mengomunikasikan Menyampaikan
hasil diskusi dalam bentuk kesimpulan secara lisan |
Sikap ·
Mengamati tentang pelaksanaan diskusi terkait dengan
materi yang
dipelajari ·
Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung
jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok Pengetahuan ·
Tes lisan dengan menyimpulkan
perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah Keterampilan · Membuat
project sesuai dengan isi materi dengan se-kreatif mungkin. |
2 JP |
·
Buku Ayo Mengkaji Sejarah Kebudayaan Islam ·
Gambar/ Poster Multimedia
Interaktif/CD Interaktif /Video |
|
1.7 mendeskripsikan faktor-faktor kebijakan
peemerintahan Rasulullah saw. pada periode islam di madinah |
|
|
|
|
|
|
2.1 Mengidentifikasi faktor-faktor keberhasilan fathul makkah tahun 9 hijriyah |
|
|
|
|
|
|
2.2 memahami keberhasilan Rasulullah saw.
dalam perang badar |
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar