Sabtu, 28 Oktober 2023

SILABUS BAB 2

 

SILABUS MATA PELAJARAN

 

 

Satuan Pendidikan            : MA AL-HAUDL

Kelas                                  : X (Sepuluh)

Mata Pelajaran                  : Sejarah Kebudayaan Islam

Bab                                    : 2

Kompetensi Inti

KI 1     :    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

KI 2     :    Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam dalam pergaulan dunia.

KI 3     :    Memahami dan menerapkan pengetahuan, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4     :    Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1.1 Meyakini bhawa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim.

Perkembangan Dakwah Nabi Muhammad Saw. Periode Mekkah

Pembelajaran  KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak langsung (terintegrasi) dalam pembelajaran KI 3 dan KI 4

Penilaian KI 1 dan KI 2 dilakukan melalui pengamatan, penilaian diri, penilaian teman sejawat oleh peserta didik, dan jurnal

 

 

1.2 Menghayati nilai-nilai perjuangan dakwah Rasulullah saw. pada periode Makah

 

 

 

 

 

1.3 Meneladani perilaku sabar Rasulullah saw. Pada saat menghadapi berbagai intimidasi masyarakat quraisy di makkah

 

 

 

 

 

1.4 Menganalisis sejarah dakwah Rasulullah saw. Padad periode islam di makkah

 

Mengamati

·      Menyimak materi yang ditampilkan/disampaikan oleh guru tentang perkembangan dan peradaban ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah

 

Menanya

·      Melalui motivasi guru memberikan pertanyaan terkait dengan materi yang sudah disampaikan.

 

Mengumpulkan Informasi

·      Secara berkelompok mendiskusikan untuk membaca materi atau mengamati objek lainnya yang berhubungan dengan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah

 

Menalar/Mengasosiasi

·      Membuat rumusan hasil diskusi kelompok yang mudah untuk dijelaskan dan dipahami mengenai perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah

 

Mengomunikasikan

Menyampaikan hasil diskusi dalam bentuk kesimpulan secara lisan

Sikap

·      Mengamati tentang pelaksanaan diskusi terkait dengan materi yang dipelajari

·      Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

 

Pengetahuan

·    Tes lisan dengan menyimpulkan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah

 

Keterampilan

·      Membuat project sesuai dengan isi materi dengan se-kreatif mungkin.

 

6 jp

·      Buku Ayo Mengkaji Sejarah Kebudayaan Islam

·      Gambar/ Poster

Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video

1.5   Memahami substansi dan strategi dakwah Rasulullah saw. pada periode makkah

 

 

 

 

 

1.6 Mendeskripsikan kesulitan-kesulitan yang dialami Rasulullah saw. ketika berdakwah di makkah

 

 

 

 

 

1.7 memahami sifat/kepribadian dan peran para sahabat assabiqunal awwalun

 

 

 

 

 

2.1   Memahami faktor-faktor penyebab hijrah sahabat nabi ke abasiniyah

 

 

 

 

 

2.2   Memiliki sikap tangguh dan semangat menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah nabi di makkah

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar