Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Satuan Pendidikan : MA AL-HAUDL KETAPANG
Mata Pelajaran : Sejarah
Kebudayaan Islam
Kelas / Semester : X (Sepuluh) / Ganjil
Materi Pokok :
Perkembangan Dakwah Nabi Muhammad Saw. Periode Madinah
Alokasi Waktu : 3
pertemuan (9 x 40 menit)
A. KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR:
|
NO. |
KOMPETENSI
DASAR |
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI |
|
|
1 |
1.1 |
Meyakini bahwa berdakwah
adalah kewajiban setiap muslim |
1. Meyakinkan bahwa berdakwah
adalah kewajiban setiap muslim |
|
|
1.2 |
Meneladani perilaku berani Rasulullah saw. pada saat
memimpin perang badar |
1.
Mengikuti perilaku berani Rasulullah
saw. pada saat memimpin perang badar |
|
2 |
2.1 |
Memahami Strategi dakwah Rasulullah saw. pada periode Madinah |
1.
Menguraikan strategi dakwah Rasulullah
saw. pada periode Madinah |
|
3 |
3.1 |
Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab hijrah Rasulullah saw. ke
Madinah |
1.
Menentukanfaktor-faktor pennyebab
hijrah Rasulullah saw. ke Madinah |
|
|
3.2 |
Mendeskripsikan kebijakan pemerintahan Rasulullah pada periode Islam
di Madinah |
1. Memaparkan kebijakan pemerintahan
Rasulullah saw. pada periode Islam di Madinah |
B. TUJUAN PEMBELAJARAN:
Pertemuan Pertama:
1.
Diberikan kesempatan untuk me
Pertemuan Kedua:
1.
Diberikan kesempatan untuk menguraikan strategi
dakwah Rasulullah saw. pada periode Madinah
Pertemuan Ketiga:
1.
Diberikan kesempatan untuk mengetahui
faktor-faktor penyebab hijrah Rasulullah saw. ke Madinah
2.
Diberikan kesempatan untuk memaparkan
kebijakan pemerintahan Rasulullah saw. pada periode Islam di Madinah
C. MATERI PEMBELAJARAN:
Pertemuan
Pertama:
1. Perang
Badar
Pertemuan
Kedua:
1. Substansi dan Strategi Dakwah
Rasulullah Saw. pada Periode Madinah
Pertemuan
Ketiga:
1. Faktor-Faktor Penyebab Hijrah
Rasulullah Saw. ke Madinah.
2. Kebijakan pemerintahan Rasulullah Saw. pada periode Islam di Madinah
D. METODE PEMBELAJARAN:
1.
Pendekatan Scientific
2.
Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning
3.
Metode diskusi,
drill, dan demontrasi
E. SUMBER BELAJAR
1.
Buku
teks siswa SKI kelas 10
2.
Buku
lain yang memadai.
F.
MEDIA
PEMBELAJARAN
1.
Media
a.
Video Pembelajaran
b.
CD Pembelajaran Tajwid Interaktif
2.
Alat
a. Komputer
b. LCD
Projector
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PERTAMA
1.
Pendahuluan ( 10 menit
)
a.
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan
berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
c.
Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif
yang berkaitan dengan materi pelajaran.
d.
Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan
yang akan dicapai.
2. Kegiatan
inti ( 100 menit)
a.
Mengamati
·
mengamati LCD Tentang perilaku
berani Rasulullah saw. pada saat memimpin perang badar
·
Mencatat hasil pengamatan terhadap hal- hal penting
dari materi yg sudah di sampaikan
b.
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru memberikan kesempatan pertanyaan tentang hal- hal yang belum jelas dari
pengamatan terhadap tayangan LCD
c.
Explore
·
Guru memberikan kesempatan
untuk mencari informasi lebih lanjut tentang materi yang sudah didapat
d.
Asosiasi
·
Guru meminta dari informasi
yang didapat untuk dijadikan sebuah narasi agar mudah dipahami
e.
Komunikasi
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan informasi yang didapat melalui lisan.
3. Penutup
a.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
b.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
c.
Guru memberikan reward kepada yang siswa “terbaik”, yakni:
-
Siswa yang berani mengutarakan hasil dari narasinya
d.
Guru
menjelaskan materi yang
akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
e.
Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa.
PERTEMUAN KEDUA:
1.
Pendahuluan ( 10 menit )
a.
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan
berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru memulai pembelajaran dengan membaca
al-Qur’an surah/ayat pilihan (nama surat sesuai
dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
kehadiran, kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk pesrta didik.
d.
Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif
yang berkaitan dengan materi pelajaran.
e.
Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan
yang akan dicapai.
2.
Kegiatan inti ( 100 menit)
a.
Mengamati
·
Mengamati
LCD tentang Strategi dakwah Rasulullah pada periode Madinah
b.
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru memberikan kesempatan pertanyaan tentang hal- hal yang belum jelas dari
pengamatan terhadap tayangan LCD
c.
Eksplore dan asosiasi
·
Guru memberikan kesempatan
untuk mencari informasi lebih lanjut tentang materi yang sudah didapat
d.
komunikasi
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan informasi yang didapat melalui lisan.
3.
Penutup
1.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran.
2.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
3.
Guru
menjelaskan materi yang
akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
4.
Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa.
PERTEMUAN KETIGA:
1.
Pendahuluan ( 10 menit
)
a.
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan
berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru memulai pembelajaran dengan membaca
al-Qur’an surah/ayat pilihan (nama surat sesuai
dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
kehadiran, kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk peserta didik.
d.
Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif
yang berkaitan dengan materi pelajaran.
e.
Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan
yang akan dicapai.
f.
Guru mengkondisikan peserta didik untuk membentuk
kelompok-kelompok kecil (terdiri 4 – 6 siswa)
2.
Kegiatan inti ( 100
menit)
a.
Mengamati
·
Mengamati LCD tentang
faktor-faktor penyebab hijrah
Rasulullah saw. ke Madinah dan kebijakan pemerintahan Rasulullah saw. pada
periode Islam di Madinah
·
Mencatat hasil pengamatan terhadap hal-
hal penting dari materi yg sudah di sampaikan
b.
Menanya
·
Peserta didik
dengan dibantu motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang tidak dipahami
c.
eksplore
·
Guru memberikan kesempatan
untuk mencari informasi lebih lanjut tentang materi yang sudah didapat
d.
Asosiasi
·
Guru meminta dari informasi
yang didapat untuk dijadikan sebuah narasi agar mudah dipahami
e.
Mengkomunikasikan
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan informasi yang didapat melalui lisan.
3.
Penutup
1.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaran.
2.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
3.
Guru memberikan reward kepada “kelompok terbaik” hasil diskusi dan presentasinya.
4.
Guru
menjelaskanmateri yang akandipelajaripada pertemuan berikutnya.
5.
Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa.
H. PENILAIAN
1. Sikap
spiritual
a. Teknik Penilaian : Penilaian diri
b. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian diri
c. Kisi-kisi :
|
No. |
Sikap/nilai |
Butir
Instrumen |
|
|
Meyakini bahwa semua ilmu bersumber dari Allah swt. |
Terlampir |
|
|
Meyakini bahwa
menuntut ilmu adalah perintah Allah swt. |
Terlampir |
|
|
Meyakini bahwa
umat Islam wajib mempunyai ilmu
pengetahuan. |
Terlampir |
|
|
Meyakini bahwa
setiap ilmu harus diamalkan |
Terlampir |
|
|
Meyakini bahwa
Allah swt memuliakan terhadap orang yang berilmu |
Terlampir |
Instrumen: Terlampir
2. Sikap
sosial
a. Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
b. Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian
c. Kisi-kisi:
|
No. |
Sikap/nilai |
Butir
Instrumen |
|
|
Suka mengajarkan ilmu pengetahuan kepada temannya. |
Terlampir |
|
|
Segera memberikan bantuan pemahaman ketika dimintai
tolong temannya tentang pelajaran. |
Terlampir |
|
|
Tidak pelit ketika temannya meminjam buku pelajaran. |
Terlampir |
|
|
Tidak menyombongkan diri karena ilmu yang ia miliki. |
Terlampir |
|
|
Tidak membeda-bedakan pergaulan dengan dasar kepandaian. |
Terlampir |
Instrumen: Terlampir
3. Pengetahuan
a. Teknik Penilaian :Tes Lisan
b. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian tes lisan
c. Kisi-kisi :
|
No. |
Indikator |
Butir
Instrumen |
|
|
Dapat memaparkan sikap
berani Rasulullah saw.saat memimoin perang |
Siksaan dan gangguan kafir Quraisy terhadap umat Islam |
|
|
Dapat
menjelaskan Strategi dakwah Rasulullah saw. pada periode Madinah |
Membangun masjid |
|
|
Dapat menjelaskan
kebijakan pemerintahan Rasulullah saw pada periode Islam di Madinah |
Mempersaudarakan antara Muhajirin dengan Anshar, Meletakkan dasar-dasar
politik dan tatanan sosial masyarakat, Mendirikan Masjid |
Instrumen: Terlampir
Ketapang, 23 November 2023
Mengetahui Guru Mata
Pelajaran
Kepala Sekolah Sejarah
Kebudayaan Islam
______________________ ______________________
NIP. ... NIP.
...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar