Selasa, 24 Oktober 2023

RPP Bab 3

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

( R P P )

 

Satuan Pendidikan      :  MA AL-HAUDL KETAPANG

Mata Pelajaran           : Sejarah Kebudayaan Islam

Kelas / Semester        : X (Sepuluh) / Ganjil

Materi Pokok              : Perkembangan Dakwah Nabi Muhammad Saw. Periode Madinah

Alokasi Waktu             : 3 pertemuan (9 x 40  menit)

 

A.     KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR:

NO.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

1

1.1

Meyakini bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim

1. Meyakinkan bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim

 

1.2

Meneladani perilaku berani Rasulullah saw. pada saat memimpin perang badar

1.   Mengikuti perilaku berani Rasulullah saw. pada saat memimpin perang badar

2

2.1

Memahami Strategi dakwah Rasulullah saw. pada periode Madinah

1.   Menguraikan strategi dakwah Rasulullah saw. pada periode Madinah

3

3.1

Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab hijrah Rasulullah saw. ke Madinah

1.   Menentukanfaktor-faktor pennyebab hijrah Rasulullah saw. ke Madinah

 

3.2

Mendeskripsikan kebijakan pemerintahan Rasulullah pada periode Islam di Madinah

1. Memaparkan kebijakan pemerintahan Rasulullah saw. pada periode Islam di Madinah

B.     TUJUAN PEMBELAJARAN:

Pertemuan Pertama:

1.      Diberikan kesempatan untuk me neladani perilaku berani Rasulullah saw. pada saat memimpin perang badar

 

Pertemuan Kedua:

1.      Diberikan kesempatan untuk menguraikan strategi dakwah Rasulullah saw. pada periode Madinah

 

Pertemuan Ketiga:

1.      Diberikan kesempatan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab hijrah Rasulullah saw. ke Madinah

2.      Diberikan kesempatan untuk memaparkan kebijakan pemerintahan Rasulullah saw. pada periode Islam di Madinah

 

C.     MATERI PEMBELAJARAN:

Pertemuan Pertama:

1.      Perang Badar

 

Pertemuan Kedua:

1.    Substansi dan Strategi Dakwah Rasulullah Saw. pada Periode Madinah

 

Pertemuan Ketiga:

1.      Faktor-Faktor Penyebab Hijrah Rasulullah Saw. ke Madinah.

2.      Kebijakan pemerintahan Rasulullah Saw. pada periode Islam di Madinah

 

D.     METODE PEMBELAJARAN:

1.      Pendekatan Scientific

2.      Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning

3.      Metode diskusi, drill, dan demontrasi

 

E.     SUMBER BELAJAR

1.      Buku teks siswa SKI kelas 10

2.      Buku lain yang memadai.

 

F.     MEDIA PEMBELAJARAN

     1.          Media

a.      Video Pembelajaran

b.      CD Pembelajaran Tajwid Interaktif

 

     2.          Alat

                     a.    Komputer

                     b.    LCD Projector

G.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN          

PERTEMUAN PERTAMA

 

1.      Pendahuluan  (  10 menit )

                     a.       Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;

                     b.       Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran  dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

                      c.       Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pelajaran.

                     d.       Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.

 

2.      Kegiatan inti ( 100    menit)

a.         Mengamati

·           mengamati  LCD Tentang perilaku berani Rasulullah saw. pada saat memimpin perang badar

·           Mencatat hasil pengamatan terhadap hal- hal penting dari materi yg sudah di sampaikan

 

b.         Menanya

·           Melalui motivasi dari guru memberikan kesempatan pertanyaan tentang hal- hal yang belum jelas dari pengamatan terhadap tayangan  LCD

 

c.          Explore

·           Guru memberikan kesempatan untuk mencari informasi lebih lanjut tentang materi yang sudah didapat

 

d.         Asosiasi

·           Guru meminta dari informasi yang didapat untuk dijadikan sebuah narasi agar mudah dipahami

 

e.      Komunikasi

·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan informasi yang didapat melalui lisan.

 

3.      Penutup

                    a.        Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.

                    b.        Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.

                     c.        Guru memberikan reward kepada yang siswa “terbaik”, yakni:

-       Siswa yang berani mengutarakan hasil dari narasinya

                    d.        Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.

                    e.        Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.

 

PERTEMUAN KEDUA:

 

1.      Pendahuluan  (    10    menit )

                     a.       Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;

                     b.       Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayat pilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);

                      c.       Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran  dan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk pesrta didik.

                     d.       Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pelajaran.

                     e.       Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.

 

2.      Kegiatan inti (  100     menit)

a.      Mengamati

·         Mengamati LCD tentang Strategi dakwah Rasulullah pada periode Madinah

b.      Menanya

·           Melalui motivasi dari guru memberikan kesempatan pertanyaan tentang hal- hal yang belum jelas dari pengamatan terhadap tayangan  LCD

c.      Eksplore dan asosiasi

·           Guru memberikan kesempatan untuk mencari informasi lebih lanjut tentang materi yang sudah didapat

d.      komunikasi

·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan informasi yang didapat melalui lisan.

 

3.      Penutup

                    1.        Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran.

                    2.        Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.

                    3.        Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

                    4.        Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.

 

PERTEMUAN KETIGA:

 

1.      Pendahuluan  (   10    menit )

                  a.       Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;

                  b.       Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayat pilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);

                   c.       Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran  dan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk peserta didik.

                  d.       Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pelajaran.

                  e.       Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.

                    f.       Guru mengkondisikan peserta didik untuk membentuk kelompok-kelompok kecil (terdiri 4 – 6 siswa)

 

2.      Kegiatan inti (   100    menit)

a.      Mengamati

·           Mengamati  LCD tentang faktor-faktor penyebab hijrah Rasulullah saw. ke Madinah dan kebijakan pemerintahan Rasulullah saw. pada periode Islam di Madinah

·           Mencatat hasil pengamatan terhadap hal- hal penting dari materi yg sudah di sampaikan

b.     Menanya

·         Peserta didik dengan dibantu motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang tidak dipahami

c.      eksplore

·           Guru memberikan kesempatan untuk mencari informasi lebih lanjut tentang materi yang sudah didapat

d.     Asosiasi

·           Guru meminta dari informasi yang didapat untuk dijadikan sebuah narasi agar mudah dipahami

 

e.      Mengkomunikasikan

·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan informasi yang didapat melalui lisan.

 

3.      Penutup

                    1.        Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaran.

                    2.        Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.

                    3.        Guru memberikan reward kepada “kelompok terbaik”  hasil diskusi dan presentasinya.

                    4.        Guru menjelaskanmateri yang akandipelajaripada pertemuan berikutnya.

                    5.        Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.

 

H.     PENILAIAN

 

1.   Sikap spiritual

                  a.    Teknik Penilaian               : Penilaian diri

                  b.    Bentuk Instrumen            : Lembar penilaian diri

                   c.    Kisi-kisi                             :

No.

Sikap/nilai

Butir Instrumen

  1.  

Meyakini  bahwa semua ilmu bersumber dari Allah swt.

Terlampir

  1.  

Meyakini bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah swt.

Terlampir

  1.  

Meyakini bahwa umat Islam  wajib mempunyai ilmu pengetahuan.

Terlampir

  1.  

Meyakini bahwa setiap ilmu harus diamalkan

Terlampir

  1.  

Meyakini bahwa Allah swt memuliakan terhadap orang yang berilmu

Terlampir

 

Instrumen: Terlampir

2.   Sikap sosial

                  a.    Teknik Penilaian   : Penilaian Antar Teman

                  b.    Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian

                   c.    Kisi-kisi:

No.

Sikap/nilai

Butir Instrumen

  1.  

Suka mengajarkan ilmu pengetahuan kepada temannya.

Terlampir

  1.  

Segera memberikan bantuan pemahaman ketika dimintai tolong temannya tentang pelajaran.

Terlampir

  1.  

Tidak pelit ketika temannya meminjam buku pelajaran.

Terlampir

  1.  

Tidak menyombongkan diri karena ilmu yang ia miliki.

Terlampir

  1.  

Tidak membeda-bedakan pergaulan dengan dasar kepandaian.

Terlampir

 

Instrumen: Terlampir

3.   Pengetahuan

                  a.    Teknik Penilaian   :Tes Lisan

                  b.    Bentuk Instrumen : Lembar penilaian tes lisan

                   c.    Kisi-kisi                 :

No.

Indikator

Butir Instrumen

  1.  

Dapat memaparkan sikap berani Rasulullah saw.saat memimoin perang

Siksaan dan gangguan kafir Quraisy terhadap umat Islam

  1.  

Dapat menjelaskan Strategi dakwah Rasulullah saw. pada periode Madinah

Membangun masjid

  1.  

Dapat menjelaskan kebijakan pemerintahan Rasulullah saw pada periode Islam di Madinah

Mempersaudarakan antara Muhajirin dengan Anshar, Meletakkan dasar-dasar politik dan tatanan sosial masyarakat, Mendirikan Masjid

 

Instrumen: Terlampir

 

                                                                                                Ketapang, 23 November 2023

Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran

Kepala Sekolah                                                                       Sejarah Kebudayaan Islam                                                            

 

______________________                                                    ______________________

NIP. ...                                                                                     NIP. ...

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar